Mengatur Keuangan Sistem Amplop, Cara Irit Ala Nenek-Nenek

Mengatur Keuangan Sistem Amplop
Uang dan amplop

Mengatur keuangan sistem amplop? Maksudnya apa sih itu?

Jadi ketawa sendiri kalau lihat meme gaji berisi perbandingan makan di awal bulan dan akhir bulan. Di akhir bulan kita sering ngenes bahkan sampai ngutang ke warung karena duit gaji sudah habis.

Nyatanya kalau dipikir-pikir pengeluaran itu-itu saja. Cuma kita tidak tahu, ini gaji larinya kemana. Sering seperti itu, kan?

Masalah seperti ini banyak di alami para bujangan. Boro-boro mau nabung, untuk kebutuhan sehari-hari saja masih suka cari tambalan. Endingnya gaji cuma numpang lewat di ATM.

Sebenarnya lari kemana gaji kita?

Lalu apa itu mengatur keuangan sistem amplop? Cara ini memang kuno dan sedikit menyebalkan. Mencatat hal remeh-temeh termasuk korek api dan rokok malah justru hal penting. Dari sini kita tahu kemana sebagian besar uang gaji berlari. Ke warung? Ke bioskop? Pulsa? Atau pacar?

Sediakan satu lembar kertas satu hari, atau  coba buat note di gadget setiap malam apa saja yang kita beli di hari itu. Dari sini kebanyakan para bujangan akan sadar kalau uang gaji lebih banyak lari ke jajan dan pengeluaran tersier. Akhirnya setiap hari kita bisa membuat evaluasi budgeting untuk hari esok.

Baca juga: Cara Cepat Kaya Menjadi Jutawan Bahkan Miliarder

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Sistem Amplop?

0 Response to "Mengatur Keuangan Sistem Amplop, Cara Irit Ala Nenek-Nenek"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel