Peran SEO untuk UKM dan Bisnis Startup di Era Internet of Things
Sebenarnya, ada banyak sekali peran SEO untuk UKM dan bisnis Startup di era digital seperti sekarang ini. Salah satu manfaat SEO untuk UKM yang paling nyata adalah trafik potensial yang datang dari mesin pencari.
Tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkan Search Engine dalam pemasaran bisnis karena pada dasarnya semua bisnis bisa melakukannya dan bisa mendapatkan benefit dari SEO.
Kurangnya pemahaman banyak pebisnis UKM akan pentingnya SEO untuk bisnis mengakibatkan mereka mengalami ketertinggalan. Sementara para pengusaha UKM yang go online dan telah beradaptasi dengan baik akan melejit, seiring dengan melejitnya pengguna internet di Indonesia.
Bagi pebisnis UKM yang selama ini masih menganggap biaya untuk SEO adalah pengeluaran yang tak perlu, ada baiknya Anda sedikit menggeser cara pandang tersebut. Melalui artikel ini saya ingin mengajak Anda untuk memanfaatkan SEO untuk pemasaran digital, baik Anda lakukan sendiri ataupun menggunakan salah satu Jasa SEO yang ada di Indonesia.
Sebenarnya Apa Itu SEO?
Sebenarnya Maxmanroe.com pernah membahas tentang pengertian SEO di artikel sebelumnya. Pengertian SEO (search engine optimization) adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh webmaster pada sebuah halaman website dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website tersebut menjadi lebih baik di mesin pencari, khususnya Google.
Jadi, tidak cukup hanya sekedar memiliki website bisnis saja. Pebisnis UKM juga harus berpikir bagaimana caranya agar website tersebut masuk di dalam halaman utama hasil pencarian Google untuk kata kunci yang relevan dengan bisnisnya.
Apakah Pebisnis UKM Bisa Melakukan SEO Sendiri?
Tentu saja! Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, SEO bisa dilakukan oleh semua orang. Namun tentu saja mereka yang punya pengetahan tentang basic SEO yang benar.
Secara teori, ilmu SEO itu sebenarnya tidak sulit, bahkan sangat sederhana. Tapi pada praktiknya SEO itu tergolong aktivitas yang membosankan karena melibatkan banyak hal di dalamnya. Misalnya algoritma Google yang dinamis, popularitas sebuah website, butuh waktu yang tidak sebentar, dan lain sebagainya.
Pada intinya, SEO merupakan jenis pemasaran yang membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasilnya. Tidak seperti iklan yang bisa langsung tayang di halaman utama Google, SEO butuh waktu setidaknya tiga bulan bahkan lebih (tergantung tingkat kesulitan kata kunci) agar melihat langsung hasilnya.
Berapa Lama Belajar SEO Agar Bisa Berhasil?
Basic SEO itu bisa dipelajari secara otodidak dari berbagai sumber yang ada di internet. Ada banyak sekali website yang membahas tentang SEO, Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci yang benar di Google. Misalnya kata kunci “Belajar SEO”.
Menurut saya pribadi belajar SEO itu tidak butuh waktu lama, bahkan bagi orang awam sekalipun. Dalam waktu SATU BULAN saja sebenarnya Anda sudah bisa mengerti tentang SEO, syaratnya Anda belajar dari sumber yang tepat dan praktek secara kontinu.
Tenang, itu baru belajar teorinya!
Pada prakteknya, seorang pemula dalam SEO biasanya akan mengalami banyak kendala. Faktor kesabaran seringkali menjadi penentu keberhasilan seseorang dalam pemasaran melalui SEO. Mereka yang tidak sabaran ingin melihat hasilnya di mesin pencari biasanya akan menyerah di tahun pertama.
Wah satu tahun, lama sekali ya!
Satu tahun itu hanya untuk membuat website Anda mulai terkenal dan trafik sudah berdatangan dari mesin pencari. Untuk bisa mempertahankan posisi website Anda dan meningkatkan trafik di mesin pencari, dibutuhkan upaya SEO seumur hidup Anda.
Jangan pusing, Anda pasti bisa melakukannya dengan baik kog bila sudah punya basic SEO. Tapi jika Anda tidak ingin repot mengertjakan SEO sendiri, maka Anda bisa menyewa jasa SEO yang terpercaya.
Salah satu jasa SEO yang bisa saya rekomendasikan adalah SEOsatu.com. Jasa SEO ini bisa mengoptimasi peringkat situs Anda di Google, baik itu untuk SEO Lokal maupun Nasional.
Baca juga: Tips Memilih Jasa SEO Indonesia – Harga Murah / Mahal Bukanlah Jaminan
Hal Terpenting Dalam SEO untuk UKM dan Bisnis Startup
Banyak pelaku bisnis UKM yang juga melakukan SEO sendiri terhadap SEO nya berpikir bahwa dengan mengoptimasi kata kunci yang banyak pencarinya di Google akan memberikan dampak besar bagi situs mereka. Sebenarnya ini tidak salah, tapi tidak sepenuhnya benar.
Menurut saya hal terpenting dalam SEO untuk UKM adalah memahami bisnis Anda sendiri dan mengerti siapa target market Anda. Tidak perlu mengejar optimasi kata kunci untuk keyword yang pencarinya banyak, yang kita tahu pasti kata kunci itu tingkat persaingannya tinggi.
Bagi pebisnis UKM, akan lebih efektif bila membidik SEO lokal atau mengoptimasi kata kunci yang sifatnya sesuai area. Penggunaan nama tempat di dalam kata kunci akan menunjukkan lokasi target market Anda.
Sebagai contoh, ketimbang Anda mengoptimasi kata kunci “Jual Bibit Bunga Matahari” akan lebih efektif bila mengoptimasi kata kunci yang lebih mudah, misalnya “Jual Bibit Bunga Matahari di Yogyakarta”. Lain halnya bila bisnis Anda ingin membidik market nasional, tentu saja Anda perlu membidik kata kunci dimana target marketnya adalah nasional.
Apakah Harus Ahli SEO agar Bisnis UKM Bisa Bersaing?
Hai para pebisnis UKM, jangan mengaburkan tujuan utama bisnis Anda. Mengapa saya katakan demikian? Saya melihat beberapa pebisnis UKM yang tertarik dengan optimasi website malah cenderung lebih fokus pada SEO ketimbang bisnisnya sendiri.
Tidak sedikit pelaku bisnis UKM justru terlihat ingin menjadi pakar SEO ketimbang menjadi pakar di bisnisnya sendiri, Belajar SEO itu perlu dan bermanfaat, tapi tentu saja Anda tidak harus menjadi seorang ahli SEO dan mengerjakan semuanya sendirian.
Jika saat ini Anda memang harus melakukan optimasi sendirian, ya tak masalah. Namun pada waktunya, ketika bisnis Anda sudah mulai berkembang maka sebaiknya pemasaran SEO bisa didelegasikan kepada orang lain, misalnya kepada anggota tim atau jasa digital marketing profesional. Lebih baik fokus pada bisnis UKM Anda.
Baca juga: Internet Marketer: Lupakan SEO, Buat Saya SEO Itu Menjebak!
KESIMPULAN
Agar tidak kepanjangan, sebaiknya saya membuat kesimpulan pesan artikel ini. Intinya, peran SEO untuk UKM dan startup bisa sangat besar bagi pertumbuhannya, terutama bagi mereka yang memiliki dana terbatas untuk pemasaran.
Dengan optimasi SEO yang tepat, bisnis UKM tidak hanya bisa menghasilkan penjualan yang lebih besar tapi juga bisa bersaing secara head to head dengan perusahaan besar. So, mulai sekarang para pebisnis UKM jangan lagi berpikir bahwa biaya untuk SEO itu adalah sesuatu yang sia-sia.
0 Response to "Peran SEO untuk UKM dan Bisnis Startup di Era Internet of Things"
Post a Comment