5+ Media Sosial Terpopuler di Indonesia dan Paling Banyak Digunakan
Bicara tentang media sosial terpopuler di Indonesia memang menjadi salah satu topik yang sangat menarik untuk dibahas. Kita tahu bahwa Indonesia adalah salah satu negara pengguna sosial media terbanyak di dunia yang masyarakatnya saat ini sudah ‘keranjingan’ dengan media sosial.
Bagi masyarakat urban di Indonesia, satu hari tanpa media sosial rasanya seperti tidak makan seharian…LAPAR sangat! Bahkan sebagian besar orang, media sosial sudah menganggap media sosial sebagai kebutuhan primer, seperti halnya makan/ minum dan pakaian.
Mereka yang melek teknologi pasti punya akun media sosial, paling tidak satu akun media sosial. Bener kan! Lalu, dari sekian banyak media sosial, situs apa saja yang menjadi media sosial terpopuler di Indonesia?
Media Sosial Terpopuler di Indonesia
Penggunaan media sosial di Indonesia sudah sangat masive. Selain digunakan untuk kegiatan bersosialisasi di dunia maya, media sosial ternyata sangat banyak digunakan untuk hal lainnya. Misalnya; promosi bisnis, berjualan online, promosi konten blog, berpolitik, berdakwah, dan lain sebagainya.
Berikut ini adalah beberapa situs sosial media terpopuler di Indonesia yang sangat banyak digunakan:
Media Sosial Facebook (Facebook.com)
Situs media sosial yang satu ini memiliki pengguna setia di seluruh dunia yang jumlahnya sudah mencapai 2 miliar lebih. Dengan berbagai inovasi yang selalu memanjakan penggunanya, tidak heran Facebook menjadi salah satu media sosial terpopuler di Indonesia saat ini.
Saat ini (2017) Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna Facebook terbanyak di dunia dengan jumlah user mencapai 110 juta akun. Besarnya jumlah pengguna Facebook tersebut membuat banyak pebisnis dan pedagang online yang mengiklankan bisnis mereka di Facebook.
Data pengguna Facebook di Indonesia via Hootsuite
Sosial Media Instagram (Instagram.com)
Di posisi ke #2 situs media sosial terpopuler di Indonesia adalah Instagram. Ketika artikel ini dibuat (2017), jumlah pengguna Instagram di Indonesia sudah mencapai 45 juta orang lebih. Kabarnya Indonesia menjadi negara dengan pengguna Instagram terbanyak se-Asia pasifik, luar biasa.
Situs media sosial berbasis gambar dan video singkat ini juga merupakan tempat beriklan yang sangat efektif bagi para pedagang online. Selain itu, content creator, artis, dan pekerja seni lainnya sangat aktif menggunakan media sosial ini.
Artikel lain: 5 Media Sosial Terbaik untuk Jualan Online dan Promosi Bisnis
Media Sosial YouTube (YouTube.com)
Beberapa orang menganggp YouTube bukanlah situs media sosial, tapi lebih kepada hiburan. Pada kenyataannya, YouTube sering digunakan untuk saling berbagi konten dan komentar. Faktanya, YouTube adalah sebuah media sosial berbasis video dimana para penggunanya bisa berbagi video mereka dan saling memberikan komentar.
Pengguna YouTube di Indonesia saat ini sudah mencapai 50 juta orang. Dan media sosial ini menjadi platform media sosial yang paling aktif digunakan di Indonesia saat ini.
YouTube digunakan juga sebagai media promosi berbasis PPC (pay per click) dimana setiap video yang dianggap memenuhi syarat di dalamnya terdapat iklan Google Adsense. Dan YouTube telah menjadi ladang uang bagi banyak YouTuber di Indonesia.
Data pengguna YouTube di Indonesia via Hootsuite
Sosial Media Twitter (Twitter.com)
Dulunya Twitter disebut sebagai situs microblogging yang paling sukses. Penggunaan yang sangat mudah dan sederhana membuat situs media sosial ini menjadi pilihan terbaik pada masa kejayaannya.
Dan lagi-lagi, Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna Twitter terbanyak di dunia. Pada tahun 2016 silam, jumlah tweet hanya di Indonesia saja mencapai 4,1 miliar tweet. Informasi ini didapat dari keterangan Dwi Ardiansyah selaku Head of Business Development Twitter South East Asia and Australia.
Saat ini Twitter telah mendapat persaingan ketat dari situs media sosial lainnya yang menawarkan fitur yang berbeda. Namun, Twitter tetap memilih keunikan sendiri yang tidak bisa diimbangi oleh situs media sosial lainnya, yaitu kecepatan dalam berita, fitur hashtag, Trending, dan lainnya.
Media Sosial Google Plus (Plus.Google.com)
Google plus, kemunculan media sosial yang satu ini terlihat cukup menjanjikan. Dan seharusnya Google Plus bisa menjadi jawara media sosial mengalahkan Facebook dan media sosial lainnya. Alasannya, karena jumlah pengguna email Google sudah mencapai 2 miliar lebih saat ini dan menjadi media untuk promosi Google plus. Sayangnya, hal tersebut tidak terjadi karena memang tidak semua pengguna Gmail menjadi pengguna Google Plus.
Namun, Google plus cukup populer di kalangan pengguna internet, khususnya para blogger yang menggunakan platform blogging Blogger.com. Selain sebagai media untuk bersilaturahmi, konon katanya Google Plus bisa memberikan dampak positif pada SEO sebuah blog yang disubmit ke media sosial ini.
Hingga saat ini saya tidak memiliki data valid mengenai jumlah pengguna Google Plus di Indonesia.
Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube
Media Sosial Path (Path.com)
Situs media sosial Path memang tidak seheboh media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Namun, kepopuleran sosial media ini ternyata membuat salah satu pengusaha Indonesia (Aburizal Bakrie) membeli saham Path beberapa tahun yang lalu.
Salah satu keunikan media sosial Path dibanding yang lain adalah tidak adanya iklan di sana, setidaknya sampai saat ini. Selain itu, privacy para pengguna Path jauh lebih tertutup ketimbang media sosial lainnya. Hanya orang yang saling berteman di Path lah yang bisa melihat profil masing-masing.
Hingga saat ini, jumlah pengguna Path di Indonesia sudah mencapai 5 juta orang lebih. Path bisa digunakan melalui aplikasi mobil dan juga via desktop, namun pengguna media sosial ini lebih banyak memakai smartphone.
0 Response to "5+ Media Sosial Terpopuler di Indonesia dan Paling Banyak Digunakan"
Post a Comment