7 Tips Berjualan di Sosial Media yang Cukup Sederhana Tapi Efektif
Berjualan di sosial media bukanlah hal baru lagi sekarang ini. Rata-rata para pebisnis sudah memanfaatkan media sosial untuk kegiatan promosi, baik itu untuk keperluan Branding ataupun untuk penjualan.
Bukan sekedar isapan jempol belaka, jika banyak sekali jutawan ataupun miliarder yang sukses berbisnis melalui sosial media. Mereka yang sukses menjalankan bisnis di internet berasal dari beragam usia. Bahkan banyak sekali kalangan muda yang sudah menjadi pengusaha sukses dengan berjualan di sosial media.
Kira-kira apa saja yang bisa membuat seseorang sukses berjualan di sosial media, ayo baca tipsnya:
1. Menentukan Target Market Potensial
Sebaiknya Anda berjualan di sosial media dengan membidik target market potensial dan sesuai dengan niche Anda agar lebih banyak pengguna sosial media tertarik dengan tawaran produk Anda. Biasanya cara termudah untuk berjualan pada target market potensial adalah dengan menunjukkan produk yang spesifik kepada kelompok tertentu, misalnya anak muda, perempuan, atau pun ibu-ibu.
Buatlah group di Facebook, WA, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya dengan mengangkat tema khusus. Misalnya group “Grosir baju impor murah”, “Sepatu Futsal”, “Busana Muslimah”, dan lain sebagainya.
Group yang mengangkat topik khusus lebih mudah diterima oleh masyarakat bila sesuai dengan minat mereka. Mereka inilah yang nantinya menjadi target market potensial Anda untuk jangka panjang.
Baca juga: 10 Tips Media Sosial Untuk Bisnis
2. Membuat Status yang Menarik
Status yang menarik akan membuat orang melakukan LIKE atau SHARE status Anda sehingga lebih banyak yang mengenal Anda dan bisnis yang dijalankan. Salah satu cara menarik perhatian adalah dengan membuat status yang sedang hangat dibicarakan. Sampaikan dengan cara yang baik dan berisi.
Namun jangan pernah membuat status yang mengandung unsur SARA karena ini bisa menghacurkan bisnis Anda dengan cepat. Buatlah status-status yang bisa berpotensi viral terutama yang ada kaitannya dengan produk Anda.
3. Menggunakan Hashtag Pada Setiap Postingan
Selalu gunakan hashtag pada postingan di media sosial (khususnya Twitter dan Instagram) untuk membuat banyak orang mudah melakukan pencarian produk di Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.
Anda bisa menuliskan hastag misalnya #BajuGamisTermurah, #PusatBajuKebaya, dan lain sebagainya. Hashtag bisa Anda tambahkan di bagia bawah status di Instagram, Facebook, dan Twitter.
4. Update Foto Profil Secara Berkala
Cara berjualan di sosial media berikutnya adalah dengan mengupdate foto profile secara rutin dimana update tersebut nantinya akan terlihat di timeline teman-teman di sosmed. Bila pengguna media sosial melihat update dari akun Anda secara rutin, kemungkinan akan ada yang penasaran dan membuka akun sosmed Anda.
Mereka yang melihat-lihat akun sosmed Anda bisa menjadi salah satu calon konsumen, apalagi ketika mereka tertarik dengan postingan Anda. Bila Anda aktif menggunakan Instagram dan Facebook untuk promosi, maka sangat disarankan untuk memposting tayangan live karena ini merupakan salah satu cara menarik perhatian orang lain.
5. Merespon Pelanggan Secepat Mungkin
Sangat disarankan untuk memberikan respon secepat mungkin kepada para pelanggan Anda untuk mencegah kemungkinan para pembeli batal membeli produk. Walaupun banyak calon konsumen yang hanya bertanya saja, Anda tetap harus memberikan respon.
Faktanya, sebagian besar pembeli yang tidak sabar memilih untuk mencari online shop lain jika penjualnya tidak segera membalas pertanyaan. Pastikan Anda update media sosial tanpa batas sehingga tidak kehilangan banyak pelanggan.
Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dengan Menjadi Buzzer di Instagram
6. Membangun Komunikasi yang Baik dengan Para Pelanggan
Anda bisa membangun komunikasi yang baik dengan para pelanggan melalui kontak WA, maupun DM instagram. Berkomunikasilah dengan para konsumen secara berkala dan dengan cara yang baik.
Salah satu caranya misalnya dengan menjawab pertanyaan, menanyakan apakah barang telah sampai, dan meminta testimoni. Ingatlah mereka saat Anda ingin update dagangan melalui Line, biarkan mereka melihat produk-produk terbaru Anda melalui sosmed.
7. Jangan Takut Dengan Persaingan
Banyak orang yang gulung tikar ketika berjualan online bukan karena tidak laku, melainkan karena minder dengan para pesaingnya. Minder adalah sifat yang tidak boleh dimiliki oleh para pebisnis karena ketika kita sudah minder maka kita sudah kalah sebelum bertanding.
Anda bisa menawarkan berbagai macam produk kepada para pelanggan dengan rasa percaya diri yang tinggi bahwa produk tersebut bermanfaat bagi mereka. Faktanya, banyak pembeli merasa nyaman dengan para penjual yang memiliki sikap ramah dan memiliki jiwa melayani pembeli dengan baik. Kelebihan inilah yang bisa Anda kedepankan untuk menghadapi persaingan.
8. Tandai Pengguna Sosial Media Secara Acak
Walaupun terkadang membuat orang kurang nyaman, sebenarnya sesekali kita bisa menyebarkan produk yang dijual kepada para pengguna sosial media dengan cara acak dan tidak beraturan. Salah satunya dengan menandai mereka melalui Facebook, Twitter, atau pun Instagram.
Meskipun acak tapi akan banyak orang melihat postingan terbaru dari produk Anda tentunya akan semakin banyak calon pembeli yang penasaran. Anda bisa melakukannya sesekali ketika ingin melakukan test market untuk produk baru atau produk lama yang telah dioptimalkan.
Baca juga: Instagram, Facebook, Snapchat: Manakah yang Paling Cocok untuk Bisnis Saya?
Tips berjualan di media sosial yang dijelaskan di atas memang terkesan sangat sederhana dan mudah dilakukan. Namun sebenarnya tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik secara kontinu. Itulah sebabnya dibutuhkan sebuah tim media sosial untuk bekerjasama dalam pemasaran di sosmed.
Artikel dikirim oleh Mutiara Harum dari Bubbledrinks.biz
0 Response to "7 Tips Berjualan di Sosial Media yang Cukup Sederhana Tapi Efektif"
Post a Comment